Berbuat kesalahan itu kekurangan manusia, namun belajar dari kesalahan itu kelebihan manusia....

Senin, 06 Juni 2011

WHO: Ponsel Tingkatkan Risiko Kanker!


PARIS - Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) menegaskan bahwa gelombang elektromagnetik seperti pada penggunaan ponsel bisa mengakibatkan munculnya sel-sel kanker (carcinogen).

Pernyataan WHO didasarkan pada peningkatan risiko glioma, atau kanker otak ganas. Demikian sebagaimana dilansir Cellular News, Rabu (1/6/2011). Selama sepekan terakhir, sekira 31 ilmuwan dari 14 negara bertemu pada perhelatan International Agency for Research on Cancer (IARC) di Prancis, untuk mengetahui risiko kanker akibat terpaan gelombang elektromagnetik.

Kelompok itu mendiskusikan berbagai risiko kesehatan jangka panjang yang mungkin ditimbulkan akibat terpaan gelombang elektromagnetik, terutama kanker. Hal ini dianggap perlu mengingat pengguna ponsel di kalangan remaja dan anak-anak kini terus meningkat.

Salah satu studi tentang penggunaan ponsel hingga tahun 2004 menunjukkan adanya peningkatan risiko glioma hingga 40 persen pada pengguna ponsel dengan rata-rata pemakaian 30 menit per hari dalam kurun 10 tahun.

Kendati masih membutuhkan lebih banyak bukti pendukung, Dr Jonathan Samet dari University of Southern California yang bertindak sebagai pimpinan kelompok itu mengklaim temuan ini cukup kuat untuk membuat semua pihak waspada terhadap risiko kanker pada penggunaan ponsel.

Pendapat itu segera diamini Direktur IARC Christopher Wild. "Mengingat adanya risiko terhadap kesehatan publik melalui klasifikasi dan temuan ini, harus dilakukan penelitian lebih lanjut atas penggunaan ponsel secara berlebihan dalam jangka panjang," jelasnya.

"Sambil menunggu informasi itu, sangat penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah pragmatis guna mengurangi terpaan gelombang elektromagnetik, seperti perangkat hands-free atau SMS," tutup Wild.Okezone(d12n)

HTML Comment Box is loading comments...